The OIC Human Rights

Human Rights in Islamic Countries

Tantangan dan Harapan Pada Sidang Pertama Komisi HAM OKI

Posted by Human Rights in Islamic Countries on February 27, 2012


Press Release

Tantangan dan Harapan Pada Sidang Pertama

Komisi HAM Independen OKI Harus Bekerja Sesuai dengan Standrat Internasional

 

Kami mendorong dalam sidang pertama IPHRC (Independent Permanent Human Rights Commission/ Komisi HAM Independen OKI) di Jakarta 20-24 Februari 2012, agar IPHRC mensepakati konsep Prosedure (Rule of Procedure) yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip HAM internasional. Dalam sidang Pertama ini agenda sidang yang krusial adalah perumusan rule of Procedure, yang harus sesuai dengan prinsip-prinsip hak asasi manusia.

Prinsip-prinsip itu, antara lain:

  1. Prinsip keterbukaan  dan membuka keterlibatan masyarakat sipil. Prinsip ini penting dalam konteks akuntabilitas IPHRC, apalagi dalam sejarahnya OKI memiliki karakter tertutup dan memilki banyak anggota yang menolak hak asasi manusia dan prinsip akuntabilitas.

Pelibatan masyarakat penting bagi kerja dan kemajuan HAM di Negara-Negara anggota OKI. Pelibatan ini dapat berupa membuka komunikasi komplain pelanggaran HAM yang terjadi maupun penyampaikan laporan berbagai dinamika HAM yang berkembang di dunia, khususnya berkaitan dengan HAM dan Islam.

  1. Prinsip Akuntabilitas. IPHRC harus mendorong mekanisme pertanggungjawaban berkala atas kinerjanya dan semua yang telah dilakukan dalam konteks hak asasi manusia. Pertanggungjawaban ini harus diberikan kepada publik, tidak hanya diberikan pada pertemuan para menteri luar negeri.

Petanggungjawaban kepada publik akan menbuat kepercayaan publik membaik, karena selama ini terdapat kecurigaan terhadap OKI yang membuat IPHRC untuk menghindari pertanggungjawaban HAM oleh komunitas Internasional.

Selain berkaitan dengan Prinsip IPHRC harus berani menjawab tantangan Pelanggaran HAM yang banyak terjadi di berbagai Negara-negara anggota OKI. Tantangan itu terkait berbagai masalah, antara lain:

  1. Hak kebebesan Beragama dan berkeyakinan. Masalah ini terkait dengan isu penodaan agama, tindakan intoleransi dan kekerasan. IPHRC harus berani masuk dalam isu kebebasan Beragama dengan menggunakan prisip-prinsip Internasional. Dalam konteks internasional, defamasi/penodaan agama tidak menjadi bagian dalam skema HAM, sementara di banyak negara anggota OKI, termasuk di Indonesia itu menjadi masalah. Dalam konteks HAM defamasi tidak masuk dikarenakan, obyek sasarannya tidak berwujud, sangat subyektif penilain orang/obyektifitas sulit dicapai, dan dalam berbagai praktik menyerang kebebasan berpikir (salah satu hak dasar yang tidak dapat dikurangi), dan cenderung ada penyalagunaan kekuasaan dan mayoritas. Apalagi, Negara-negara OKI telah menyepakati adanya pengharpusan Defamasi Agama melalui Resolusi Dewan HAM PBB tahun 2011.
  2. Hak kebebasan Bereksperesi dan mendapatkan Informasi. Hal ini sesuai dengan konteks demokratisasi di berbagai Negara-negara anggota OKI khususnya di jazirah arab (Arab Spring).
  3. Buruh Migrant. Negara-negara anggota OKI memiliki dua karakter, sebagian Negara tujuan dan Negara pengirim. Dalam berbagai cacatan pelanggaran terhadap buruh migran yang terjadi di Negara tujuan, di Negara-negara OKI-lah paling banyak catatan pelanggaran buruh migran.
  4. Perempuan. Masalah terbesar HAM dam Islam dalam konteks ini adalah kesetaraan perempuan, baik dalam ruang privat maupun publik yang mengakibatkan ketidakadilan dan berbagai sumber kekerasan.

Dalam kesempatan ini, kami memberikan apresiasi kepada komisioner IPHCR dari Indonesia dan Sekertariat OKI yang telah berpartisipasi dalam acara masyarakat sipil yang telah diselenggarakan kemarin (19/2/2012). Partisipasi ini menjadi awal yang baik untuk menunjukkan IPHCR ke depan yang lebih tranparan dan akuntable.

 

Jakarta, 20 Februari 2012

Muhammad Choirul Anam

Wakil Direktur Human Rights Working Group (HRWG)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: